Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (Bogor)

Visi Lembaga

Terwujudnya kehidupan dimana manusia dan satwa hidup berdampingan dalam ekosistem harmonis yang berkelanjutan.

Misi Lembaga

Membangun kesadaran akan pelestarian lingkungan hidup dan mengimplementasikan sistem yang efektif dimana habitat dan satwa terlindungi.

Aktifitas/program yang lembaga anda tawarkan kepada calon Mahasiswa magang ?

  1. Divisi Kampanye dan penyadartahuan
  2. Divisi Media & Komunikasi

Sekilas tentang program / aktifitas tersebut

  1. Divisi Kampanye merupakan bagian dalam upaya penyadartahuan publik dengan tujuan perubahan perilaku masyarakat yang selaras terhadap konservasi satwa liar dan habitatnya. Adapun aktivitas yang akan dilakukan bersama divisi ini antara lain,
    • Mendukung tim kampanye untuk mengompilasi, menganalisis, dan mengolah data sebagai bahan/materi edukasi dan penyadartahuan.
    • Bersama tim kampanye mengembangkan konten-konten konservasi satwa liar yang dapat diterima warganet.
    • Menjadi figur penyampai pesan edukasi dan penyadartahuan mengenai konservasi satwa liar.
  2. Divisi Media & Komunikasi merupakan supporting program dari program IAR Indonesia yang hadir untuk membangun citra dan kredibilitas di mata publik, mitra, dan suporter. Media dan Komunikasi bertanggung jawab membentuk pengkomunikasian yang efektif melalui publikasi, manajemen relasi, dan aktivasi kanal digital.

Persyaratan kemampuan yang dibutuhkan dari calon mahasiswa magang

  1. Divisi Kampanye
    • Mahasiswa/i aktif perguruan tinggi dari segala jurusan.
    • Memiliki dasar wawasan tentang pelestarian satwa liar (atau keinginan untuk mempelajarinya)
    • Memiliki daya analisis dan berpikir kritis.
    • Memiliki kecakapan mengoperasikan teknologi dan informasi dasar seperti Microsoft Office, cerdas berinternet (internet savvy)
    • Memiliki kemampuan wicara publik (public speaking) yang baik
  2. Divisi Media & Komunikasi
    • Mahasiswa/i S1 aktif, lebih diutamakan Ilmu Komunikasi atau Komunikasi Massa dengan minat tinggi pada produk Desain Komunikasi Visual
    • Terampil menggunakan perangkat lunak desain/visual editing.

Output dari program / aktifitas tersebut

  1. Divisi Kampanye
    • Pangkalan data tentang isu-isu satwa liar saat magang.
    • Konten edukasi dan penyadartahuan untuk kanal media sosial.
    • Mahasiswa magang menjadi duta satwa liar yang peduli akan pelestariannya.
  2. Divisi Media & Komunikasi
    • Produk-produk komunikasi seperti video pendek, infografis, bahkan produk desain lainnya yang disepakati antara mahasiswa magang dengan penanggung jawab program

Harapan kepada mahasiswa magang

  • Dapat memanfaatkan pengalaman dan wawasan selama masa magang untuk menunjang studi/karir serta menjadi bagian dari jaringan edukasi dan kampanye.

Catatan lain (Ex. Jam kerja, persyaratantertentu, dll.)

  • Hari kerja akan didiskusikan dengan pemagang. Durasi kerja 8 jam per hari. Dapat bersifat fleksibel jika ada kebutuhan oleh mahasiswa pemagang atau YIARI dengan pemberitahuan terlebih dahulu.