DETARA FOUNDATION (Bogor)

Visi Lembaga

mewujudkan komunitas global yang berpartisipasi aktif dalam upaya perbaikan dan pengelolaan lingkungan, sosial dan ekonomi demi tercapainya komunitas generasi sekarang dan mendatang yang lebih baik

Misi Lembaga

  1. Berperan aktif dalam mengembangkan pendidikan lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan (PLH-PB) .
  2. Mendukung kesetaraan dan pemerataan pendidikan bagi setiap orang dengan prinsip keadilan gender.
  3. Menggalang relawan terutama generasi muda untuk besama-sama melakukan prinsip keadilan gender dan pengelolaan lingkungan yang lebih baik dan lestari.
  4. Mendorong kemandirian masyarakat termasuk generasi muda dan kelompok perempuan melalui berbagai kegiatan kewirausahaan sosial dan lingkungan.

Aktifitas/program yang lembaga anda tawarkan kepada calon Mahasiswa magang ?

    • Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembangunan Berkelanjutan baik di sektor pendidikan formal maupun non formal.

Sekilas tentang program / aktifitas tersebut.

    • Program Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembangunan Berkelanjutan, meliputi kegiatan pendampingan sekolah-sekolah dan masyarakat dalam menerapkan Pendidikan Lingkungan Hidup. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa selama program magang antara lain :
      1. Rumah Belajar Detara. Kegiatan pembelajaran untuk anak-anak usia 4-12 tahun terutama yang kurang beruntung dari sisi ekonomi sementara memerlukan tambahan pelajaran seperti matematika, bahasa Inggris dan mata pelajaran lainnya yang dilengkapi dengan pembelajaran lingkungan seperti topik sampah, air, energi, keanekragaman hayati. Lokasi kegiatan ini di Kampung Sindangrasa, Kelurahan Gunung Batu Bogor dengan total anak-anak yang belajar kurang lebih 30-40 orang. Kegiatan pembelajaran dilakukan 2 hari dalam 1 minggu.
      2. Our Garden, Our Healthy Food, merupakan program berkebun dengan sekolah dampingan DeTara, masyarakat dan rumah belajar. Kegiatan berkebun memanfaatkan lahan yang terbatas untuk mengenalkan dan memenuhi asupan gizi. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari pembelajaran di Rumah Belajar.
      3. Program Global Exploration, program kerjasama dengan SGE (Stichting Global Exploration) dari Belanda yang melibatkan siswa setara menengah atas untuk bertukar pengalaman, belajar tentang sosial, budaya, seni dan lingkungan di Indonesia. Peserta siswa dari Belanda dan mengikuti program untuk tinggal bersama masyarakat di Bogor dan wilayah lainnya (Jadwal program masih menyesuaikan dengan mitra).
      4. Kegiatan lainnya seperti pembuatan konten lingkungan, poster, video, dll sebagai bagian dari edukasi dan kampanye lingkungan di ranah publik dan publikasi seperti penyusunan tulisan ilmiah/riset, modul pembelajaran dan lainnya.

Persyaratan kemampuan yang dibutuhkan dari calon mahasiswa magang.

    • Mahasiswa diutamakan adalah orang Bogor asli atau mahasiswa yang tinggal di Bogor untuk memudahkan transportasi dan proses pendampingan secara berkelanjutan
    • Mahasiswa diutamakan tidak sedang berada di semester awal, dan sedang tidak melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) atau praktek lapang dan lainnya selama periode magang (Februari-September /Oktober 2025)
    • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dengan anak-anak, remaja, maupun masyarakat (orang dewasa
    • Dapat berbahasa Inggris dengan baik
    • Memiliki minat berkebun dan melakukan praktek lingkungan lainnya
    • Memiliki minat mengajar dan kemampuan memfasilitasi
    • Mampu bekerja sama dalam tim kecil maupun besar
    • Aktif di organisasi dan jejaring serta mampu mengajak orang/teman/rekan lainnya untuk terlibat dalam kegiatan khususnya terkait kegiatan sosial dan lingkungan
    • Memiliki kemampuan mendokumentasikan kegiatan dengan baik, bisa dalam bentuk foto maupun video singkat (menjadi nilai tambah)
    • Memiliki kemampuan mendesain bentuk poster/flyer atau konten/feed yang bertemakan lingkungan (menjadi nilai tambah)
    • Dapat berbahasa Sunda (menjadi nilai tambah)

Output dari program / aktifitas tersebut

  1. Adanya peningkatan kapasitas pengetahuan mahasiswa terkait pendidikan lingkungan baik dalam bentuk pelatihan dan diskusi.
  2. Adanya peningkatan kemampuan mahasiswa dalam memfasilitasi pendidikan lingkungan baik ke anak-anak, remaja, maupun masyarakat.
  3. Adanya silabus pendidikan lingkungan yang dikembangkan oleh mahasiswa magang sebagai bagian dari kurikulum pembelajaran di Rumah Belajar DeTara.
  4. Adanya peningkatan kemampuan peserta Rumah Belajar dalam bidang mata pelajaran pendidikan formal serta perilaku peduli dan ramah lingkungan meningkat yang dicirikan salah satunya tidak membuang sampah sembarangan, menghemat air, menghemat listrik, dan lain-lain.
  5. Adanya konten-konten yang bermuatan lingkungan baik dalam bentuk tulisan/infografis/video yang bisa dipublikasikan ke sosial media sebagai salah satu media kampanye lingkungan.

Harapan kepada mahasiswa magang

  • Peserta Magang memiliki minat dan jiwa untuk kerja sukarela.
    • Peserta Magang memiliki minat untuk belajar hal-hal baru dan mampu mengembangkan kemampuan yang dimiliki untuk mendukung program selama magang.
      • Peserta magang dapat menerapkan perilaku peduli dan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Catatan lain (Ex. Jam kerja, persyaratan tertentu, dll.)

  • Kualifikasi : Diutamakan mahasiswa yang berasal dari Bogor atau yang berdomisili di Bogor
  • Jam kerja : Jam kerja lebih fleksible