HuMa (Jakarta)

Perkumpulan HuMa Indonesia

Visi Lembaga

Sebuah gerakan sosial yang diperbesar dalam mendorong reformasi hukum untuk menciptakan sistem hukum dan praktik-praktik yang dapat memberikan keadilan bagi masyarakat yang terpinggirkan dan yang mendukung pelestarian ekologi dengan tetap menghormati nilai-nilai kemanusiaan dan keragaman sosial budaya.

Misi Lembaga

  1. Mendorong konsolidasi, pengembangan kapasitas dan peningkatan kuantitas Hukum Kemasyarakatan Fasilitator (PHR) melalui pemberdayaan mitra strategis kami.
  2. Melakukan advokasi kebijakan, kampanye dan berbagai model pelatihan hukum untuk melawan wacana dominan reformasi hukum di sektor pertanahan dan sumber daya alam.
  3. Menjadikan HuMa sebagai pusat pengembangan data, informasi dan pengetahuan berbasis empiris realitas.
  4. Penguatan kelembagaan HuMa menjadi lembaga yang berpengaruh, kompeten dan mandiri organisasi untuk mendukung gerakan sosial dan reformasi hukum.

Aktifitas/program yang lembaga anda tawarkan kepada calon Mahasiswa magang ?

  1. Sekolah lapang
  2. Kelas berbagi
  3. Penulisan kertas kebijakan/aktivitas riset
  4. Loby pembaharuan hukum
  5. Pengelolaan pengetahuan dan kampanye popular

Sekilas tentang program / aktifitas tersebut.

  1. Sekolah Lapang.
    • Sekolah Lapang sejatinya merupakan konsep pendidikan kritis, yang menekankan para peserta untuk belajar dan memproduksi pengetahuan-pengetahuan dari pengalaman mereka sendiri, bukan hapalan teori, kaidah dan rumusan-rumusan yang dibuat oleh orang lain. Fasilitator dan peserta harus memandang bahwa setiap peserta telah memiliki pengetahuan dan pengalaman atau “tidak kosong” ketika mengikuti pelatihan. Pelatihan hanya menjadi alat untuk mengkontruksi pengetahuan yang telah mereka miliki, dan berdialog dengan sesama peserta pelatihan yang lain dan menjadi landasan pemahaman bersama bagi para pihak.
  2. Kelas Berbagi
    • Peningkatan kapasitas terkait dengan advokasi kebijakan, pengelolaan pengetahuan local itu terdapat dalam kelas berbagi.
  3. Penulisan kertas kebijakan/aktivitas riset
    • Proses melakukan penelitian untuk mendukung pembaruan ocial dan praktik hukum yang adil bagi masyarakat dan lingkungannya, serta menghormati nilai-nilai kemanusiaan dan keragaman social budaya. Pluralisme hukum adalah salah satu alat yang digunakan oleh HuMa untuk membaca penggunaan hukum dan hubungan-hubungan diantaranya terkait dengan kekayaan alam.
  4. Loby Pembaharuan Hukum
    • Pembaruan hukum yang didukung oleh HuMa adalah: 1.) Menjawab permasalahan empiris dari kelompok masyarakat yang paling tersisih dalam proses sosial-politik-ekonomi dan terjajah dalam kekuasaan budaya di tingkat lokal; 2.) Menempatkan masyarakat adat dan lokal yang terpinggirkan sebagai subyek yang melakukan pembaruan hukum ditingkat lokal; 3.) Bukan untuk menjawab agenda-agenda yang diintrodusir oleh kekuatan lain di luar kepentingan masyarakat; Bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia melalui penghormatan hak asasi manusia; 4.) Berpijak pada kajian hukum yang kritis, yang mampu keluar dari kebuntuan dogmatik dan teoretik untuk menjawab permasalahan empiris masyarakat yang didampingi; 5.) Mempromosikan pluralisme hukum sebagai cara untuk mencapai penghormatan pada keragaman kebudayaan sebagai bagian yang inheren dari penghormatan pada hak asasi manusia; dan 6.) Mendorong demokratisasi melalui pelbagai instrumen ketatanegaraan termasuk di dalamnya adalah penafsiran dan penerapan cita konstitusi Indonesia sebagaimana terdapat dalam Pembukaan UUD 1945.
  5. Pengelolaan Pengetahuan Dan Kampanye Popular.
    • HuMa sebagai rumah pengetahuan dan pusat informasi dari para mitra jaringan menjadi bertanggung jawab untuk mengelola sekaligus menyebarluaskan dan mengemas sebagai produk popular bagi khalayak luas selain itu, rumah pengetahuan ini merupakan wadah menciptakan aktor-aktor pembaharuan hukum, pendekatan yang perlu diperkuat adalah kerja pemberdayaan yang melibatkan pendidikan kritis dan pengorganisasian, serta memperkuat hukum adat/rakyat/lokal dengan kerja pembaruan hukum SDA.

Persyaratan kemampuan yang dibutuhkan dari calon mahasiswa magang.

  1. Berpikir analitis
  2. Mampu menggunakan teknologi dan social media
  3. Berpikir kreatif, inovatif, inisiatif
  4. Bisa menggunakan desain misalnya; canva, power point, aplikasi video editor
  5. Memiliki inisiatif tinggi, senang berdiskusi, tidak takut mengutarakan pendapat dan memberi masukan kepada rekan kerja
  6. Dapat menggunakan Bahasa inggris secara aktif

Output dari program / aktifitas tersebut.

  • Huma menambah Orang-orang yang bekerja dalam gerakan sosial untuk memberdayakan sumber daya hukum rakyat dan atau melakukan pembaharuan hukum negara menuju keadilan sosial dan ekologis

Harapan kepada mahasiswa magang

  • Bersedia berpergian keluar kota dengan perlindungan dan pertanggung jawaban dari pihak HuMa

Catatan lain (Ex. Jam kerja, persyaratan tertentu, dll.)

  • Jam bekerja dari jam 09.00 – 17.00 WIB
  • Bila bekerja dari rumah memiliki koneksi internet yang memadai untuk melakukan videocall